Senin, 19 Oktober 2020

Tatap Maya 6 Kolab SRB Siak Sesi 3

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar

    Serangkaian kegiatan tatap maya  sudah dilaksanakan, sampailah pada jadwal pertemuan terakhir untuk tatap maya yaitu pada webinar pendidikan dalam rangka HUT SIAK ke 21, Inovasi pembelajaran memanfaatkan rumah belajar. 

    Masih bersama dengan bu Rini dan Mam ruth kami berbagi dengan guru-guru hebat yang ada di Rayon 1 (kecamatan Siak, Mempura, Bungaraya, Pusako, Sungai Apit dan Sabak auh), demikian juga ibu Duta Rumah Belajar Riau tahun 2019 Bu Sri Rahayu Ningsih yang biasa di sapa bu Yayuk senantiasa memberikan motivasi dan pengalaman beliau selama menjadi DRB.

    Ada pengalaman yang lain dari biasanya ketika akan melakukan tatap maya ini, yaitu sebuah insiden kecil tentang room yang akan di gunakan besok harinya. Ternyata room yang biasa kami gunakan sudah habis masa aktifnya. sampai jam 12 malam kami masih bingung link apa yang akan di bagi pada peserta. Beberapa solusi sudah ditemukan, meminjam room  yang dimiliki teman SRB yang lain yaitu dari bu Atika dan pak Anang. Meskipun daya tampung audiensnya hanya 100 orang, tetap kami pinjam room nya untuk cadangan esok hari. Berdasarkan diskusi dengan teman sekelompok, akhirnya flyer di bawah ini di bagikan ke peserta dan link yang akan di gunakan untuk sabtu, 17 oktober 2020

    Tiba di pagi hari mam ruth memberikan kabar bahwa beliau sudah berhasil membelli room yang baru untuk di gunakan hari itu, dengan masih menggunakan link room yang sama dengan pertemuan sebelumnya.
    Semangat pun kembali menggelora, acara di buka dengan motivasi yang di sampikan bu yayuk tentang inovasi pembelajaran menggunakan rumah belajar.
    Persis seperti webinar di rayon 3, pemateri pertama adalah Bu Rini Basri menyampaikan tentang model pembelajaran blended learning dengan memanfaatkan sumber belajar dan bank soal.

    Sebagai pemateri kedua, saya berdo'a semoga tidak ada lagi kejadian mencoret-coret slide presentasi saya. Alhamdulillah, di webinar kali ini, saya dapat menyampaikan materi dengan lancar.
    Dan terakhir penyampaian materi dari mam Ruth yang memaparkan model pembelajaran SOLE di implementasikan pada pelajaran bahasa inggris

Bersyukur sangat luar biasa saya panjatkan, karena bisa bekerja sama dengan Bu Rini dan Mam Ruth yang senantiasa bahu membahu sehingga kegiatan webinar yang di lakukan selama 3 sesi ini dapat berjalan lancar dan sukses.


  Di penghujung acara, dinas pendidikan memberikan sertifikat bagi guru-guru hebat yang sudah mengikuti webinar dari hari senin sampai ke hari sabtu. Sambil menunggu sertifikat mendarat dengan cantik di email kami masing-masing, kami melakukan bincang santai dengan guru rayon satu.

    Mau tau kegiatan kami di hari terakhir ini? silahkan simak video yang saya tautkan dari youTube teacher life story milik mam Ruth Everlyn berikut ini :

    Harapan kami, setelah kegiatan webinar ini selesai, maka guru-guru di kabupaten siak khususnya bisa memanfaatkan portal rumah belajar dalam proses pembelajaran, terutama saat daring ini. Antusias yang sangat luar biasa di hari terakhir ini di simak oleh lebih dari seribu orang guru dengan tiga titik yang berbeda yaitu rayon I, II dan III sebagaimana daftar hadir berikut ini : http://bit.ly/presensi-kolab-SRBSiak-part3

    Teriring do'a semoga pendidikan di kabupaten siak, riau dan negara kita Indonesia semakin berkembang semakin maju, melahirkan generasi yang berakhlak mulia, cerdas, peduli lingkungan dan bisa memberi manfaat untuk sekitarnya. Aamiin

Salam Semangat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vlog Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Kelas Maya Pada Materi Pewarisan Sifat di SMP Kelas 9

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar      Suatu perkataan akan mudah dipercaya dengan diiringi bukti nyata. Setelah melakukan beberap...