Senin, 19 Oktober 2020

Tatap Maya 5 Kolab SRB di Dumai

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar

    Travelling adalah salah satu hobi saya, namun tidak pernah terbayangkan sedikitpun akan melakukan travelling secara virtual. Ya, kali ini saya bukan hanya sekedar travelling, tapi juga bisa bertemu dan berkenalan secara tatap maya dengan guru-guru Hebat SMK di kota Dumai. Bagaimana ceritanya? padahal saya guru SMP.

    Ketika membuka pesan di WA grup ada sebuah chat masuk dari ibu Desrusnawaty, beliau bertanya, adakah yang mau menjadi teman kolab beliau. karena saya merasa masih sedikit melakukan tatap maya dan juga penasaran kolab seperti apa yang akan di hadapi, saya spontan merespon chat beliau dengan jawaban "mauuuuuuuuuu", lalu beliau membalas "japri ya"

    Saya pun berdiskusi lebih lanjut dengan bu Des, ternyata audiens yang akan di hadapi adalah guru-guru SMK se kota Dumai, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, saya sempat mau mundur. Namun, bu des terus menyemangati saya, bahwa saya bisa berbagi tentang pengenalan fitur utama dan pendukung dari rumah belajar, karena masih banyak guru SMK yang masih awam dengan rumah belajar. Akhirnya saya pun memutuskan siap tampil.

    Tak berapa lama kemudian, bu des memberitahukan bahwa ada bu Atika yang ingin ikut bergabung. Alhamdulillah akhirnya saya nantinya akan bertatap maya dengan Bu Atika, sosok guru muda yang sangat menginspirasi. Sebetulnya, saya sudah sering Chat dengan bu Atika, meminta di ajarin menggunakan Canva untuk membuat flyer, beliau selalu ngajarin dengan sabar dan sangat humble orangnya.

    Setelah saya mengirim poto pada Bu Des, maka dikirmlah flyer yang di buat bu Des ke WA saya, luar biasa semangatnya ibu dari 3 orang buah hati ini, sudah mengajak saya kolab, di buatkan juga flyernya, super baik dan semangat. untuk room ada adek Sholeha yaitu bu Atika yang akan menyiapkannya

    Dan hari itu pun tiba, saya melakukan tatap maya dengan guru SMK di dumai, luar biasa semangatnya, meskipun bentrok dengan jadwal tidur siangnya. Para guru hebat ini sangat menyimak penjelasan dari para pemateri.
    Pembukaan di buka oleh Kepala Sekolah SMK N 1 Kota Dumai ibu Dra. Purwaning Dyah. Beliau menyampaikan beberapa orang guru tidak dapat bergabung karena adanya masalah jaringan. Harapan beliau pun, guru-guru yang hadir bisa menerima dan memanfaatkan ilmu yang akan di terima pada siang hari ini.
    Acara di buka oleh host bu Rince, kemudian di serahkan pada moderator pak Sukarman, namun karena sinyal yang kurang, tidak bisa tersambung dengan pak Sukarman, akhirnya bu Rince mempersilahkan saya memberikan materi pertama tentang fitur-fitur yang ada di rumah belajar. 
    Di pertemuan kali ini saya mengangkat tema metode resources based learning dengan memanfaatkan sumber belajar dari rumah belajar. Saya terlebih dulu memaparkan semua fitur yang ada di rumah belajar secara keseluruhan. Kemudian saya menghubungkan bagaimana metode resurces based learning ini yaitu metode yang ditandai dengan guru memberikan berbagai macam sumber bahan ajar kepada siswa. Nah, sekarang guru tidak perlu bingung mencari sumber belajar, cukup gunakan portal rumah belajar maka akan tersedia media baik berupa video, audia maupun web yang bisa digunakan secara gratis. 
    Muncul pertanyaan dari pak Sukarman, apakah ada ketentuan cara membuka aplikasi rumah belajar dari playstore. Saya menanggapi bahwa ketika aplikasi rumah belajar sudah di download, kita tinggal login menggunakan akun google atau akun fb. Bu Desrusnawaty menambahkan, jika baru pertama kali menggunakan rumah belajar harus daftar akun dulu, kemudian bisa login dengan email yang di gunakan saat mendaftar.
    
    Sesi ke dua adalah materi tentang bagaimana menggunakan kelas maya dan memanfaatkannya semaksimal mungkin. Bu Atika menjelaskan materi tersebut dengan jelas dan rinci. Kemudian ada pak Sukarman menanggapi bahwa beliau baru mengetahui adanya fitur kelas maya milik negara kita sendiri, beliau bertanya bagaimana cara pengelolaan nya dan mengolah soal ujian untuk siswa. Bu Atika pun menjawab dengan jawaban cara pengelolaannya tergantung pada kebutuhan guru masing-masing dan untuk soal ujian bisa dikaitkan dengan bank soal. Pertanyaan kedua muncul dari Bu Jusnidar, bagaimana penggunaan kelas maya untuk digunakan secara offline. Bu Atika pun menjawab sesuai pengalaman beliau mengajar di sekolah 3T.

    Tibalah di sesi akhir pemaparan dari Bu desrusnawaty, beliau menjelaskan tentang TV Edukasi dan Suara Edukasi. Kedua fitur ini merupakan produk pusdatin juga. Beliau menjelaskan dengan menarik, singkat, padat dan jelas, berhubung waktu pun sudah hampir habis.

    Luar biasa acara diskusi dengan Guru SMK ini sangat memberi energi yang baru. Sesuai dengan daftar hadir yang sudah masuk 
http://bit.ly/presensi-kolab--dumai kegiatan ini diikuti oleh guru SMK di kota Dumai. Bagi yang ingin tau keseruan kami di Kota Dumai secara virtual, bisa menyimak pada video berikut ini
    Terimakasih Bu Des, Bu Atika dan seluruh Guru Hebat SMK di kota Dumai. semoga suatu saat saya bisa travelling secara nyata ke kota Dumai dan bisa bersilaturahmi dengan bapak/ibu hebat semua. Aamiin
Salam Semangat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vlog Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Kelas Maya Pada Materi Pewarisan Sifat di SMP Kelas 9

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar      Suatu perkataan akan mudah dipercaya dengan diiringi bukti nyata. Setelah melakukan beberap...