Senin, 19 Oktober 2020

Tatap Maya 2 kolab SRB Banten

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar

    Pengalaman adalah hal yang paling berharga. Memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan orang yang baru adalah juga merupakan pengalaman. salah satunya, ketika saya berkenalan dengan bu Ana Heryanah yang merupakan seorang guru IPA di SMPN 3 Cikeusal kab, serang Prov. Banten. Saya mengenal beliau ketika tergabung dalam grup WA untuk kegiatan TOT penggunaaan kelas maya untuk guru IPA, yang mana TOT ini dilaksanakan secara daring dan di adakan oleh kemdikbud.

    Ketika belajar di TOT kelas maya, saya sering menyimak diskusi yang ada di grup WA. Bu Ana adalah sosok yang sering memberikan komentar dan masukkan di WA grup, sehingga sering saya japri pada beliau tentang tugas dari TOT kelas maya. Guru saya di TOT ini adalah pak Sigit Suryono yang merupakan DRB Jawa Tengah. Beliau mengajar mapel IPA. Jadi, ketika saya buntu dalam menggunakan kelas maya, kedua guru hebat ini sering saya ganggu dengan pertanyaan tentang kelas maya. Alhamdulillah keduanya merupakan orang yang Humble, penuh prestasi dan sabar tentunya menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari saya. Setiap Chat yang saya kirim, hampir seratus persen dibalas, kalopun tidak, saya memaklumi, keduanya merupakan guru yang sibuk dengan banyak aktivitas.

    Dari situlah saya semakin mengenal sosok bu Ana, dan rupanya beliau juga merupakan salah satu SRB 2020 dari provinsi Banten. Langsung terfikir di kepala saya, mau mengajak beliau Kolab melalui tatap maya. Alhamdulillah, dayung bersambut, beliau semangat menerima tawaran saya. kemudian diskusi berlanjut untuk menentukan tema pada kolab yang akan di laksanakan. Akhirnya terpilihlah tema Implementasi simulation based learning memanfaatkan laboratorium maya dari Rumah Belajar, seperti yang nampak pada flyer berikut ini :

    Setelah mengetahui tema yang akan di bawakan pada saat kolab, saya tentunya mempersiapkan diri dengan menyiapkan materi metode simulation based learning yang saya kaitkan pada materi Hukum archimedes kelas 8 SMP dengan memanfaatkan laboratorium maya. Sementara bu ana mengkaitkan simulation based learning dengan materi struktur jaringan pada tumbuhan kelas 8 SMP yang ada di lab maya.

    Sekitar hari minggu pukul 10.00 WIB bu ana mengajak saya latihan di media konferensi zoom, dan akhirnya saya pun pertama kalinya bertemu dengan bu ana secara tatap maya, orangnya murah senyum dan sangat enak di ajak diskusi, saya sangat senang bisa berkenalan dengan beliau. Saya semakin kagum, bahwa beliau sudah S2 dan memiliki 3 orang buah hati. Luar biasa, seorang ibu rumah tangga dengan segudang prestasi. Ingin rasanya seperti beliau ini. Latihan pun berjalan dengan lancar, dan siap bertemu kembali pukul 13.30 WIB-14.30 WIB.

    Waktu berjalan dengan singkat, akhirnya selesai sudah kolab saya dengan bu ana, peserta yang hadir ada dari provinsi Riau dan Banten tentunya, tapi ada juga guru hebat dari Manokwari, Papua yaitu pak Yulianto yang juga mengajar IPA. karena kolab saya kali ini sasarannya lebih kepada guru IPA. Beberapa guru dari Bandung juga ada yang ikut bergabung, yaitu bu Ratih Nirmala Dewi (teman kuliah di UPI) dari SMPN Cisarua dan beberapa guru dari daerah Lembang. Tidak pernah saya bermimpi untuk bisa berkenalan dengan guru IPA dari provinsi yang lain, bisa mendengar pengalaman dan berbagi ilmu tentunya, semata-mata untuk meningkatkan profesionalitas sebagai seorang guru sehingga bisa menyajikan pembelajaran yang terbaik bagi siswa.

        Saya membuka acara dengan menyampaikan materi simulation based learning dengan memanfaatkan lab maya. 


    Saya pun sempat memberikan tutorial menggunakan lab maya jika menggunakan HP, saya menampilkan rekaman layar HP saya yang sudah saya persiapkan sebelumnya.
    

    Pada sesi kedua Bu Ana menyampaikan penggunaan Lab Maya dengan menggunakan laptop dan dikaitkan langsung dengan materi struktur jaringan tumbuhan.



    Berikut ini video ketika saya melaksanakan kolab bersama SRB Banten yang saya tautkan dari youTube bu ana heryanah

    Bagaimana? seru bukan kegiatan kolab saya? materi tersajikan dengan jelas dan diskusi pun berlangsung dengan cukup semarak, ada pak Yulianto yang bertanya bagaimana login menggunakan rumah belajar di playstore, saya dan bu ana kompak menjawab untuk login pilih salah satu akun, bisa akun google atau fb atau akun rumah belajar. Pertanyaan ke dua ada dari ibu Cut Yusnidar, beliau adalah guru senior di kecamatan Tualang, satu kabupaten dengan saya, beliau sudah lulus level 3 tahun 2020 namun belum berkesempatan lolos ke level 4, beliau bertanya apakah masih bisa ikut tahun depan? maka kami pun menjawab bisa, langung ikuti tahap berikutnya, tidak mesti mengulang dari tahap 1.

    Ada juga pertanyaan dari rekan saya sesama guru IPA di kabupaten Siak pak Recky Azbi, bertanya kiat dan tips untuk lulus dari mulai level 1 sampai level 4. Jawaban yang di berikan bahwa untuk lulus tiap level, kuncinya pelajari semua modul, sering berlatih pada soal kuis dan soal modul juga mengerjakan semua tugas dengan maksimal, Insya ALLAH lulus. Pertanyaan terakhir dari pak Rifki bertanya tentang apakah lab maya bisa dilakukan untuk kolaborasi? penggunaaan lab maya di masa daring dimana anak belajar masing-masing di rumah, sehingga satu HP satu siswa, sehingga untuk kolaborasi dengan teman lain, tidak bisa dilaksanakan. kecuali sudah tatap muka normal di sekolah.

   

    Luar biasa pengalaman saya pada kolab ini, terimakasih pada bu Ana dan seluruh guru yang sudah bergabung dan mengisi absen, terdata ada 32 orang guru, berikut ini daftarnya http://bit.ly/presensi-kolab-riau-banten

    Semoga segala lelah kita ini menjadi lillah, agar mendapat pahala dari ALLAH. Aamiin

Salam Semangat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vlog Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Kelas Maya Pada Materi Pewarisan Sifat di SMP Kelas 9

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar      Suatu perkataan akan mudah dipercaya dengan diiringi bukti nyata. Setelah melakukan beberap...