Selasa, 20 Oktober 2020

Vlog Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Kelas Maya Pada Materi Pewarisan Sifat di SMP Kelas 9

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar

    Suatu perkataan akan mudah dipercaya dengan diiringi bukti nyata. Setelah melakukan beberapa kali sosialisasi tentang rumah belajar baik secara tatap muka maupun tatap maya, akhirnya saya sudah membuktikan bahwa portal rumah belajar membantu saya dalam proses pembelajaran terutama di saat pandemi seperti sekarang ini. Mau tau buktinya seperti apa? simak sampai tuntas ya.

    Semua fitur yang ada di sumber belajar sangat menarik dan memiliki keunikan tersendiri. Hasil dari sosialisasi yang saya lakukan, banyak guru yang tertarik dengan Kelas Maya. Maka saya coba mempelajari lebih dalam tentang kelas Maya.

    Sebelumnya, saya pernah mengikuti TOT penggunaan kelas maya untuk IPA pada bulan September di akun simpaTIK sampai selesai, dan alhamdulillah saya lulus.

   

    Langkah pertama sebagai hasil TOT, saya mendaftarkan sekolah saya sebagai penyelenggara dan berhasil. kemudian saya mulai membuat modul untuk kelas 9 yaitu tentang listrik statis. Perlahan, saya mengenalkan kelas maya pada siswa saya, dan mereka pun merasa mudah menggunakan aplikasi ini, setiap siswa mendownload aplikasi rumah belajar di HP nya masing-masing. 


    Setelah berhasil membuat kelas listrik statis, saya mencoba membuat kelas baru yaitu kelas pewarisan sifat dengan mengintegrasikannnya pada model pembelajaran flipped classroom. Kenapa saya memilih model ini? karena saya merasa model pembelajaran ini sangat cocok diterapkan masa pandemi ini, yang mana siswa banyak belajar sendiri di rumah. Baiklah akan saya jelaskan bagaimana proses pembuatan untuk vlog saya ini.

1. Tahap persiapan

    Saya membuat modul pewarisan sifat di kelas maya. Pada modul tersebut saya masukkan video dari sumber belajar tentang istilah persilangan dan persilangan monohibrid yang disajikan oleh DRB Sumatera Selatan tahun 2018 Ahmad Ardius. Kemudian saya masukkan video pendukung materi pewarisan sifat dari akun youtube Gen Channel, Ini membuktikan bahwa di kelas maya bisa memasukkan sumber video lain dari YouTube.

    Setelah selesai membuat Modul, saya membuat tugas dan soal ujian. Langkah terakhir saya berikan kode akses dan kata kunci pada siswa untuk mengikuti kelas pewarisan sifat pada menu pengumuman di kelas sebelumnya yaitu kelas listrik statis.





2. Tahap Implementasi (Aktivitas Belajar siswa di rumah)
    Model pembelajaran flipped classroom  merupakan model pembelajaran kelas terbalik, yaitu jika pada kelas tradisional, proses belajar dilakukan di sekolah dan membahas tugas di rumah. Pada kelas flipped classroom adalah sebaliknya, proses belajar dilaksanakan di rumah dan membahas tugas di sekolah. Maka setelah siswa masuk di kelas pewarisan sifat di kelas maya, mereka mulai belajar sendiri dengan melihat video dan mulai mencari jawaban untuk tugas yang di berikan guru di rumah.
    Dikelas maya mereka juga bisa berdiskusi dengan guru dan teman yang lainnya melalui forum diskusi.

    Perjuangan mereka untuk bisa terlibat dalam pembelajaran di kelas maya, sungguh luar biasa, bahkan ada yang harus manjat pohon untuk mendapat sinyal yang bagus. Bisa di maklumi, sekolah tempat saya mengajar memiliki jaringan yang belum kuat.

3. Implementasi (Aktivitas siswa di kelas)
    Kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah sudah sangat di rindukan, namun sebagai seorang guru saya mensiasatinya dengan menggunakan salah satu media konferensi video yang paling mudah dan bisa di gunakan oleh siswa untuk tatap maya. Di kelas tatap maya ini lah, siswa dan guru berdiskusi membahas tugas dan pertanyaan yang belum terjawab.
    Bahagianya bisa bertemu dan melihat keceriaan mereka ketika belajar. Alhamdulillah siswa sangat senang menggunakan kelas maya, dan mereka bisa mendapat bahan ajar yang banyak sesuai jenjangnya.

4. Evaluasi
    Siswa mengirim tugasnya ke kelas maya, saya pun sangat merasakan manfaatnya. karena, ketika tugas dikirim ke kelas maya, tidak akan menghabiskan memori HP saya. Ini adalah solusi untuk guru yang suka mengeluh ketika memori HP nya habis, karena banyak nya foto tugas anak yang masuk.
   Siswa juga mengirim kan video, bahwa mereka menyimpulkan hasil pembelajaran tentang pewarisan sifat. Dengan demikian, tujuan pembelajaran saya sudah tercapai.
     Setelah semua proses pembelajaran selesai, saya pun mulai mengambil adegan syuting untuk penampilan saya di video. Syuting saya laksanakan di sekolah, akan tetapi Qadarullah, kartu memori kamera saya tertinggal di laptop yang ada di rumah. Alhasil saya pun syuting menggunakan HP dengan kualitas apa adanya. Tapi saya tetap semangat untuk syuting.
ini adalah cuplikan video saya menuju sekolah 
       

    Jika ingin mengetahui lebih jauh profil sekolah saya, silahkan klik link berikut ini http://bit.ly/profil-smpn2sungaiapit Video profil ini saya buat untuk mengasah kemampuan saya dalam mengedit video, belajar dan terus belajar.
    Selesai syuting, saya mengumpulkan bahannya dan mulai mengedit video saya sehingga terbentuklah video saya seperti berikut ini :

Kelas Maya Solusi di Masa Pandemi

    Wabah pandemi menimbulkan beberapa masalah pada dunia pendidikan, namun di sebalik masalah pasti ada hikmah dan jalan keluar. Keluhan seperti memori HP yang sering penuh ketika guru menerima tugas siswa, maka kelas maya hadir memberikan solusi. siswa bisa mengirim tugas di kelas maya, ini adalah solusi yang kongkrit.

    Adanya bantuan kuota internet, semakin membuat semangat guru dan siswa menggunakan kelas maya, karena salah satu kuota belajar bisa di gunakan untuk mengakses rumah belajar

    Kepala sekolah sangat memiliki keleluasaan untuk melakukan pemantauan terhadap pembelajaran daring dengan cara login sebagai penyelenggara

    Siswa akan kaya akan sumber bahan ajar, ketika guru menyajikan aneka video pembelajaran di modul kelas maya. Tunggu apalagi, ayo gunakan kelas maya agar pembelajaran bisa di lakukan dimana saja, kapan saja dengan siapa saja.

Alhamdulillah selesai, semoga bermanfaat. Aamiin.

Salam Semangat








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vlog Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Kelas Maya Pada Materi Pewarisan Sifat di SMP Kelas 9

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar      Suatu perkataan akan mudah dipercaya dengan diiringi bukti nyata. Setelah melakukan beberap...