Senin, 19 Oktober 2020

Tatap Maya 4 Kolab SRB Siak Sesi 2

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar

    Tibalah saatnya webinar sesi 2 yang dilaksanakan oleh SRB Riau dari Siak, ditampilkan secara live di youTube DSB (Disdikbud Siak Bedelau) membuat kami merasa senang karena nantinya bisa berbagi dan mengenal guru-guru hebat lebih banyak lagi tentunya. Flyer berikut dan link room nya sudah di sebarkan pada hari sebelumnya

    Acara pada webinar sesi 2 ini masih sama dengan susunan acara pada webinar sesi 1, hanya saja saya menambahkan inovasi pembelajaran yang dikaitkan dengan pemanfaatan rumah belajar, yaitu saya mencoba berbagi tentang penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dengan memanfaatkan kelas maya. 

    Acara di buka oleh host kemudian di lanjutkan oleh saya sebagai moderator pertama. Di setiap webinar, kami tidak memiliki moderator tetap, tetapi kami bergilir satu sama lain. Acara webinar akan terasa hampa jika tidak di awali dengan semangat dan motivasi dari guru yang menjadi kebanggaan Kabupaten Siak Provinsi Riau yaitu ibu Sri Rahayu Ningsih (bu Yayuk) sebagai DRB tahun 2019. Beliau selalu mendukung, memberi arahan dan mensupport kami para SRB. Beliau menyampaikan macam-macam inovasi pembelajaran yang bisa di lakukan di masa pandemi saat ini.


Presentasi pertama dari Bu Rini Basri yang menyampaikan model pembelajaran Blended Learning berbasis sumber belajar dan bank soal dari rumah belajar berjalan dengan lancar. 

    Kejadian aneh malah terjadi ketika saya presentasi tentang implementasi model pembelajaran Flipped Classroom dikaitkan dengan pemanfaatan kelas maya, yaitu adanya coretan-coretan di tampilan slide presentasi yang saya sajikan, namun itu tidak membuat saya panik, saya meminta host untuk mengkondisikan agar tidak ada peserta yang masuk dan membuat coretan2 pada slide. Saya tetap melanjutkan presentasi dengan hanya suara saja, tak sampai satu menit, saya pun dapat melanjutkan kembali presentasi saya. Terimakasih kepada tim DSB yang sudah cekatan untuk mengkondisikan presentasi saya sehingga berjalan lancar.


    Diakhir sesi, presentasi dari mam Ruth menutup acara webinar kami hari itu, beliau menjelaskan model pembelajaran SOLE dan bagaimana menggunakan fitur wahana jelajah angkasa. Pembawaan beliau yang sangat santai dan menarik membuat kegiatan menjadi tidak melelahkan. 

    Setelah itu muncul pertanyaan apakah SRB hanya untuk guru SMP dan SMA saja, kemudian peserta diberi jawaban bahwa SRB ini untuk semua guru bisa mengikutinya, mulai dari PAUD sampai SMA. Bu Yayuk juga menegaskan bahwa jika ada informasi tentang pembaTIK atau apapun tentang rumah belajar, akan selalu di informasikan. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak video berikut ini :

    Audiens tidak bertanya terlalu banyak karena di sesi satu pada hari selasa sudah mendapat gambaran juga mengenai rumah belajar, walaupun materi nya berbeda. Diakhir webinar, peserta juga akan mendapatkan semua file materi dari semua penyaji.

    Secara keseluruhan kegiatan webinar sesi 2 ini berjalan dengan lancar, meskipun sempat ada kerikil di pertengahan, namun kami tetap semangat untuk berbagi pada guru-guru hebat semuanya. Semoga ini semua menjadi rekam jejak digital yang akan bisa dilihat oleh generasi penerus kami suatu saat nanti. Terlebih lagi bisa menginspirasi bagi dunia pendidikan. Aamiin

    Semua kelancaran kegiatan, tidak terlepas dari partisipasi semua guru-guru hebat yang sudah mengisi absen seperti terlihat pada daftar hadir berikut ini : http://bit.ly/presensi-kolab-SRBSiak-part2

    Terimakasih atas dukungan tim DSB, bu Yayuk, pak Kadis, Pak Sekretaris, pak kabid SMP beserta seluruh jajaran dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten siak, rekan yang selalu kompak, bu Rini dan mam Ruth juga seluruh guru hebat yang sudah bergabung.

Salam Semangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vlog Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Kelas Maya Pada Materi Pewarisan Sifat di SMP Kelas 9

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar      Suatu perkataan akan mudah dipercaya dengan diiringi bukti nyata. Setelah melakukan beberap...