Senin, 19 Oktober 2020

Tatap Maya 3 Kolab SRB Siak Sesi 1

 Assalamua'laikum Sahabat Rumah Belajar

    Sebuah ide yang di lahirkan dari banyak orang akan sangat kaya, dibandingkan ide yang hanya muncul dari satu orang. Pengalaman ini saya dapatkan ketika saya berkolaborasi dengan SRB Riau dari Kabupaten Siak yang berjumlah 9 orang. 

    Berawal dari sebuah percakapan saya dengan mam Ruth (SRB dari SMPN 1 atap Pusako) via telepon. Beliau menelpon saya dan mengajak saya untuk membuat rencana meminta dukungan dari dinas untuk dapat melaksanakan sosialisasi Rumah Belajar. Kemudian saya mengusulkan untuk memanfaatkan media youTube DSB (Disdikbud Siak Bedelau) agar bisa tampil secara live streaming, karena saya dan mam ruth sudah biasa juga tampil di DSB. Selang beberapa waktu saya menghubungi Bu Dini Ayu Driassiwi (SRB dari SMPN 2 Dayun) untuk meminta masukkan tentang rencana saya dengan mam ruth, dan beliau menyarankan agar mengajak SRB siak yang lain untuk bergabung, maka saya japri semua SRB Siak ada Bu Rini Basri (SRB dari SMAN 1 Sungai Apit), Bu Murni (SRB dari SMPN 1 Tualang), Bu Evo Mardilla (SRB dari SMPN 7 Kerinci Kanan), Pak Agus Sukadi (SRB dari SD  Dayun)  dan pak Sadi Saputra (SRB dari SMA Sains Tahfidz Siak). Alhamdulillah respon semuanya memberikan respon yang positif dan siap berbagi untuk pendidikan kabupaten Siak.

    Maka saya berinisiatif membuat grup WA dengan nama SRB Riau From Siak. di grup inilah diskusi berlanjut. Karena kami akan menghadapi coaching, maka kami memutuskan akan ke dinas setelah kegiatan coaching selesai. Namun sebelumnya saya sudah berkoordinasi dengan Kabid SMP dinas pendidikan Kabupaten Siak Bapak Fakhrurrozi, M.Pd tentang niat kami ingin berkolaborasi memberikan materi tentang inovasi pembelajaran menggunakan rumah belajar. Beliau pun sangat antusias dan meminta konsep kegiatan yang akan kami berikan, dan saya menyampaikan konsep tersebut akan kami sampaikan setelah kegiatan coaching sekaligus kami akan bersilaturahmi dengan pihak dinas.

    Singkat cerita, kegiatan coaching pun selesai, saya menghubungi kembali pak Kabid SMP untuk membuat janji temu hari Kamis, 08 Oktober 2020. Namun beliau menyampaikan tidak ada di tempat, karena ada kegiatan di minas dan kandis sehingga kami di anjurkan untuk menemui Pak Sekretaris Dinas Pak Mahadar. Alhamdulillah saya mendapatkan Nomor HP nya dari keponakan beliau bu Herviziana yang satu tempat mengajar dengan saya. Sebenarnya Pak Mahadar bukanlah sosok yang asing bagi saya, beliau tinggal satu kecamatan dengan saya dan kami juga sudah beberapa kali bertemu dalam kegiatan pramuka. Saya mencoba menelpon beliau dan belum ada respon, tak berapa lama, beliau menelpon saya, saya pun menceritakan niat dari SRB Siak untuk bersilaturahmi ke Dinas Pendidikan. Beliau pun menyatakan bisa bertemu hari Kamis, 08 Oktober 2020 pukul 10.30 WIB. Alhamdulillah. 

    Keesokan harinya, tibalah saatnya perwakilan SRB Siak ada bu Dini, bu Rini, mam Ruth dan saya sendiri hadir di dinas pendidikan menemui Bapak Sekretaris Pendidikan pak Mahadar. Adapun SRB yang lain berhalangan hadir karena kondisi kesehatan dan jarak yang terlalu jauh ke dinas.


    Di dinas kami berdiskusi dengan Pak sekretaris, Pak Kabid SMP (malam sebelumnya beliau memberi tau bahwa beliau ada di dinas dan tidak jadi pergi ke minas dan kandis) dan bu Wan (Kabid TK dan Paud) dan memang sudah rezeki kami, rupanya dinas pendidikan akan mengadakan webinar pendidikan dalam rangka HUT SIAK ke 21. Maka kami pun berkesempatan berbagi dalam webinar tersebut selama 3 hari pada hari selasa, kamis dan sabtu dengan pembagian kegiatan sebagai berikut : (jadwal dari dinas)


    Setelah mendapatkan jadwal, saya satu kelompok dengan Bu Rini dan Mam Ruth, Untuk penampilan kami yang pertama di rayon II seperti tertera pada flyer berikut ini. Dan ini adalah Flyer pertama buatan saya untuk kegiatan yang audiensnya ramai. Bu rini bertugas membuat absen dan Mam Ruth membuat room untuk kegiatan. Membuat flyer memberi saya pengalaman baru, saya yang tidak terbiasa dengan desain grafis sehingga untuk satu flyer ini butuh waktu berjam-jam dalam membuatnya.

    Acara pertama kami di webinar pendidikan ini dimulai dengan paparan motivasi dan semangat dari ibu DRB bu Sri Rahayu Ningsih (bu Yayuk) yang selalu mendukung kami para SRB Riau. Beliau pun tak bisa ikut sampai akhir, karena ada agenda lain yang harus diikuti. 


   Saya sebagai moderator langsung mempersilahkan bu Rini untuk menyampaikan materi tentang fitur utama yaitu sumber belajar. 

    Sumber belajar di jelaskan dengan lengkap oleh Bu rini. Sambil menunggu pertanyaan yang masuk, maka materi di lanjutkan pada sesi kedua yaitu tentang Kelas Maya yang disampaikan oleh saya sendiri. Saya menjelaskan bagaimana cara menggunakan kelas maya mulai dari daftar sebagai penyelenggara, daftar sebagai guru dan daftar sebagai siswa. kemudian bagaimana cara guru membuat modul, tugas, kuis dan soal di kelas maya. juga memanfaaatkan forum diskusi dan pengumuman untuk berinteraksi dengan siswa.


    Sebagai penutup, ada materi dari mam Ruth menjelaskan tentang wahana jelajah angkasa, beliau menjelaskan dengan semangat dan sangat menarik. Mau lihat bagaimana kami bertiga menjelaskan? yuk simak video berikut ini http://bit.ly/video-kolab-srbsiak-part1

    Jumlah peserta yang muncul sangat banyak sampai ratusan, untuk lebih jelasnya silahkan buka link berikut ini, untuk mengetahui betapa semangatnya guru-guru hebat yang ada di Rayon II mengikuti kegiatan ini http://bit.ly/presensi-kolab-SRBSiak-part1

    Demikianlah pengalaman berbagi saya untuk rayon II, bagaimana pengalaman saya di rayon III dan rayon I??? Simak terus yaaa

Salam Semangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vlog Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Kelas Maya Pada Materi Pewarisan Sifat di SMP Kelas 9

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar      Suatu perkataan akan mudah dipercaya dengan diiringi bukti nyata. Setelah melakukan beberap...