Senin, 19 Oktober 2020

Tatap Maya 1 Parade SRB Riau Live streaming

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar

    Pada tulisan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengikuti kolaborasi bersama SRB Riau tahun 2020. Berawal dari informasi yang saya terima di WA Grup pembaTIK level 4, bahwa akan di adakan parade Sahabat Rumah Belajar Riau, melalui Live Streaming Youtube pembaTIK Riau. Adanya informasi tersebut membuat saya harus mempersiapkan diri. Kemudian datang kembali informasi bahwa sudah ada pembagian kelompok. Jumlah keseluruhan SRB ada 30 orang guru hebat. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang SRB. Maka akan ada 6 part parade yang akan di sajikan di youtube pembaTIK riau secara live streaming.

    Pengalaman saya di live streaming youTube memang bukan pengalaman pertama bagi saya. sebelumnya saya pernah menjadi pemateri dan moderator untuk youTube disdikbud siak bedelau. Channel youTube tersebut, merupakan channel yang dikelola dinas pendidikan kabupaten Siak untuk memberikan pembelajaran secara live untuk siswa. selain itu, channel tersebut juga menyajikan webinar pendidikan untuk menambah profesional guru. saya sangat bersyukur bisa menjadi guru di kabupaten Siak yang sangat peduli akan dunia pendidikan. berikut ini beberapa tampilan saya ketika mengajar di DSB secara live 

http://bit.ly/mengajar-pewarisan-sifat

http://bit.ly/moderator-listrik-dinamis

http://bit.ly/moderator-listrik-statis

http://bit.ly/mengajar-ciri2-makhlukhidup

    Berdasarkan pengalaman tersebut, saya sudah memiliki sedikit modal untuk tampil saat parade. Namun tetap saja saya harus banyak berlatih karena ini adalah penampilan pertama saya untuk tingkat provinsi Riau. Ketika melihat WA grup kelompok 6, saya memiliki kesempatan lebih dekat dengan SRB yang lain yaitu ada pak Anang Sutrisno dari kabupaten pelalawan, bu Setyawati juga dari pelalawan, keduanya sama-sama guru SD di sekolah yang berbeda. Saya juga bertemu dengan guru IPA dari kabupaten indragiri hilir yaitu bu Tarmina, saya sering berdiskusi dengan beliau, karena sama-sama mengajar IPA di tingkat SMP. Satu lagi guru hebat yang saya kenal yaitu bu Venny Anestya, beliau adalah guru di SD islam swasta di Duri kabupaten bengkalis. Alhamdulillah, rezeki yang sangat luar biasa, saya bisa berkenalan dengan guru-guru hebat ini.

    Setelah diskusi panjang lebar di grup WA, akhirnya muncul kesepakatan tentang pembagian tugas, yaitu sebagai berikut :

1. Host (Anang Sutrisno), sekaligus membuat flyer

2. Moderator (Yunita Fitria), sekaligus membuat link absen

3. Pemateri 1 (Tarmina)

4. Pemateri 2 (Venny Anestya) 

5. Pemateri 3 (Setyawati)

    Berikut adalah Flyer kelompok 6 yang dibuat oleh pak Anang di bagikan beberapa hari sebelum parade di media sosial kami masing-masing, dengan harapan, akan ada guru-guru hebat lainnya yang bisa mengikuti acara ini untuk menambah wawasan tentang rumah belajar dan produk pusdatin lainnya. Juga bisa tentunya berdiskusi dengan kami untuk saling berbagi ilmu.

    Sesuai Flyer yang beredar tersebut, acara di laksanakan hari minggu tanggal 04 Oktober 2020 pukul 14.00-15.00 WIB, Alhamdulillah berjalan dengan lancar, karena malam sebelumnya kami melaksanakan gladi pukul 20.00-22.00 WIB



    Acara di buka oleh Host pak Anang, 
    Kemudian acara di pandu oleh saya sebagai moderator

 Sesi satu dimulai dengan pemaparan dari bu Tarmina

Sesi kedua pemaparan dari bu Venny Anestya

Sesi terakhir pemaparan dari bu Setyawati

    Hasil dari parade tersebut dapat di lihat selengkapnya melalui video berikut :

    Berdasarkan video di atas, terlihat jumalah viewer sebanyak 181, adapun guru yang berhasil absen berjumlah 25 orang guru terdapat pada link berikut ini  http://bit.ly/presensi-parade-srb-riau2020

    Berakhirnya parade dari kelompok 6 maka berakhirlah rangkaian parade SRB Riau tahun 2020 yang di laksanakan mulai hari selasa, 29 September 2020 sampai minggu 04 oktober 2020. Meskipun acara parade sudah selesai, tapi ini adalah awal dari segalanya bagi SRB Riau 2020. kegiatan demi kegiatan akan kami lalui demi menjadi guru yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang agar bisa mewujudkan tema pembaTIK 2020 yaitu Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya Maju Indonesia. Aamiin

    Demikilanlah pengalaman saya mengikuti tatap maya melalui kegiatan parade SRB Riau tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Salam semangat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vlog Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Kelas Maya Pada Materi Pewarisan Sifat di SMP Kelas 9

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar      Suatu perkataan akan mudah dipercaya dengan diiringi bukti nyata. Setelah melakukan beberap...