Selasa, 22 September 2020

Belajar di pembaTIK level 1 Level Literasi

 Assalamu’alaikum semuanyaaaa. Semoga dalam keadaan sehat ya. Aamiin.

Sudah baca tulisan saya sebelumnya? Yang masih sangat baru belajar blog, hehehe

Alhamdulillah, perlahan-lahan mempelajari bagaimana cara menggunakan blog dan ini adalah tulisan pertama saya di blog dengan judul “Belajar di pembaTIK Level 1 Level Literasi”.

Apa??? PembaTIK??? Seperti apa pembaTIK itu? Yuk disimak ….

Pada sekitaran bulan Maret 2020, terjadi sesuatu yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya yaitu adanya Pandemi Virus Corona yang membuat sekolah diliburkan. Awalnya mungkin hanya sehari atau dua hari saja liburnya. Tetapi …. Hingga saat ini, belum ada kepastian yang jelas, kapan kita akan melaksanakan pembelajaran normal seperti dulu.

Ketika lagi WFH (Work from Home), masuk lah sebuah file surat undangan dari kepala sekolah di WAG sekolah. Isinya tentang pelatihan pembaTIK. Awalnya ragu untuk ikut, karena yang muncul saat itu “ini apa sih?’ “kerjaan baru lagi ini, malas ah” dan akhirnya undangan tersebut diabaikan.

Suatu ketika, keadaan dirumah lagi suntuk, gak tau mau berbuat apa. Maka undangan di WAG pun di baca kembali, ini lah isinya : 


Akhirnya saya memutuskan ikut pembaTIK untuk mengisi waktu saja, niat awalnya. Bagi yang mau daftar, bisa buka Link http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id

Ternyata di pembaTIK itu ada 4 Level, dan masing-masing level memiliki beberapa gelombang. So, kita bisa memilih mau di gelombang berapa, menyesuaikan dengan waktu yang kita punya. Saya memutuskan daftar pembaTIK level I level literasi gelombang 4 dan tinggal menunggu kelas, karena setelah daftar, ada jeda waktu untuk memulai masuk kelas.


Selang beberapa waktu, Ehhhhhh, gak taunya terlupa kalo ada kelas pembaTIK, alhasil 3 hari mau ujian baru buka modul, itupun hanya sepintas saja. Untung saja di level satu ini, belum ada tugas, hanya belajar lewat modul saja. Tibalah saat ujian, tanggal 29 April 2020, semua soal dikerjakan dengan modal belajar pas-pasan. Lulus ya syukur, tidak, ya sudah (pemikiran kala itu).

Beberapa hari setelahnya, muncul rasa penasaran,lulus gak ya. Dannnnnnnnnnnnnnnnnnn jreng jreng


Lulus dengan nilai 75. Melihat nilai ini, ada rasa menyesal, kenapa gak belajar dengan sungguh-sungguh (tapi ya sudahlah.... sudah terjadi, hihihi) Alhamdulillah, ALLAH kasi kesempatan untuk belajar lagi. Dan mulai berfikir, wahhh ini suatu tantangan dan akan menjadi pengalaman baru bagi saya. Akhirnya saya ikut daftar di pembaTIK level 2. Bagaimana kisah saya di level 2???? simak ya di tulisan saya berikutnya.

Salam Semangat !!!!!!!

Oiyaaa, dari Level 1 ini, Alhamdulillah saya mendapat sertifikat Lulus Level 1, yang bisa saya gunakan untuk bahan kenaikan pangkat. Terima kasih Kemdikbud :) 






4 komentar:

Vlog Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Kelas Maya Pada Materi Pewarisan Sifat di SMP Kelas 9

 Assalamu'alaikum Sahabat Rumah Belajar      Suatu perkataan akan mudah dipercaya dengan diiringi bukti nyata. Setelah melakukan beberap...